Sekilas tentang Isle of Man TT : Balap Ekstrim Jalan Raya

Assalamualaikum masbro mbabro
Isle-of-Man-TT-logo-gran-200x108
iimvixby.com – Selain Grand Prix Macau balap ekstrim jalan raya lainnya adalah Isle Of Man TT yang ada di daratan Eropa sana. iimvixby.com akan mengemas ceritanya secara ringan yang suka silahkan disimak.images (13)
Pertama kali saya melihat balap jalan raya yang legal ini ketika menjadi Mahasiswa dan sedang Dinas malam Praktik di Rumah Sakit, acara balap Isle Of Man yang berlangsung dini hari waktu Indonesia ini benar benar membuat saya kagum walaupun hanya lewat televisi. Balap motor full fairing yang melaju dijalan raya dan mengesampingkan aspek keselamatan, tembok rumah, trotoar dan semak belukar bahkan jurang ada disirkuit yang terletak di eropa ini, Isle of Man Tourist Trophy ini dilangsungkan di sebuah pulau yang berada di antara kepulauan Inggris, Irlandia, Scotlandia, dan Wales.

images (12)article-1393124-00D4E62700000190-438_468x335images (14)
Balap Ekstrim ini sudah ada semenjak tahun 1907, dan dinamakan -International Auto-Siklus Trophy Tourist,  jauh lebih tua dibanding Macau GP yang saya bahas kemarin. Balap TT ini diadakan setiap tahun dan berlangsung setiap akhir mei – awal juni. Balapan ini tentunya sangat berbahaya, sudah banyak pembalap yang meregang nyawa disini, mengitari jalanan perkotaan pedesaan dan bukit balapan ini berlangsung sekitar dua minggu, satu minggu untuk latihan dan satu minggu untuk balapan. Panjang lintasan sirkuit mencapai sekitar 60,73 Km atau 37,733 mil.
146_1006_01+2010_isle_of_man_tt_wallpaper_ryan_farquhar+
Walaupun sirkuit ini mencapai lebih dari 60km, namun rekor tercepat diraih hanya dengan waktu tempuh 17 menit 11,572 detik saja dan ditorehkan oleh pembalap John Mc Guinnes pada tahun 2013.

cookstown-100-Dokoupil

Trackside-Tuesday-Isle-of-Man-TT-2013-Tony-Goldsmith-04images (11)

Berbeda dengan Macau Gp yang layaknya motogp jalanan, Isle Man Of TT menggunakan sistem rally atau intinya siapa yang mencatat waktu tercepat, dialah pemenangnya. Perlombaan pertama digelar pada 28 mei 1907, dan memperlombakan berbagai kategori yaitu kelas side car (motor bekereta samping), motornya dari 125 hingga 650cc, kelas supersport 600cc, superstock 1000cc, Superbike 1000cc dan kelas terbaru yaitu TT Zero (motor listrik). Kejuaraan ini sudah layaknya festival tahunan dan sejak tahun 1989, departemen turis negeri Inggris menaungi acara ini.

tt-isle-of-man-start

Jangan mempertanyakan soal safety dalam balap ini,toh sejak awal digelar lebih dari 100 tahun silam, sudah 200 lebih nyawa melayang. Balik tentang sejarahnya adalah ketika Inggris membatasi kecepatan dengan peraturan batas kecepatan 20mph dijalan raya, tentu dengan aturan ini sedikit mengekang para penyuka otomotif, dan kebut-kebutan dan akhirnya diputuskan lah Isle of man sebagai wadah yang cocok.

Kira-kira ada gak ya pulau di Indonesia yang cocok mengelar acara begini?

Salam dari Aspal Borneo.

———————————————
Author by Muhammad Imron,S.Kep,Ns
Ngeblog juga di Loversmotogp.blogspot.com dan Tipssehatsederhana.wordpress.com
———————————————

Iklan

4 responses to “Sekilas tentang Isle of Man TT : Balap Ekstrim Jalan Raya

  1. Wah kalo balapan satu ini extreme.. indonesia kudu punya,,, hehehe

  2. Menjawab pertanyaan diakhir kata, katanya ada gan di Indonesia, namanya Isle of Belitung (liat di lapak sebelah) 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s