Sejarah YZR-M1 dari Waktu ke Waktu (2002-Sekarang)

Assalamualaikum masbro mbabro…

r

HISTORY YAMAHA YZR M1

iimvixby.com – Siapa yang tidak mengenal motor Yamaha YZR-M1? Mungkin masih ada sebagian yang tidak mengenal nama motor tersebut, tapi jika ditanya tentang pernahkah melihat motor Valentino Rossi? Serentak menjawab pernah melihat walaupun lewat televisi. Ya, YZR-M1 adalah nama dari motor yang sekarang digunakan oleh seluruh pembalap Yamaha di ajang motogp.

Motor bertekhnologi canggih ini pun tidak akan didapati pada motor motor yang dijual di pasaran, walaupun ada beberapa tekhnologi yang diturunkan contohnya kepada motor YZF R1. Motor M1 yang dirancang khusus untuk balap ini banyak cerita sejarah maupun kenangan terhadap pebalap yang menggebernya, bagaimana perjalanan motor YZR-M1 dari masa ke masa, dari waktu ke waktu? iimvixby.com mencoba merangkumnya untuk masbro mbabro semua serta dikemas secara ringan.

•YZR-M1 tahun 2002-2003

images (4)
Regulasi demi regulasi, aturan demi aturan selalu digagas dan berubah seiring waktu, tahun 2002 merupakan awal dari era tersingkirnya mesin 2tak, mesin 4tak ditahun 2002 mulai diturunkan oleh Yamaha dengan nama motor YZR-M1, saat itu Yamaha menggantikan mesin 2tak 500cc-nya dengan mesin 4tak 942cc pada paruh musim pertama tahun 2002-nya, pada paruh musim kedua Yamaha menambah kapasitas mesin menjadi 990cc. Terkesan regulasinya masih aneh ditahun itu karena mencampur balapan 2tak dengan 4tak. Mungkin sebagian masbro mbabro penasaran dengan penamaan M1 yang ternyata mempunyai filosofi nama sebagai Mission One. Pembalap Yamaha yang menggeber YZR-M1 saat itu adalah Max Biaggi dan Carlos Checa. Walaupun diawal debut M1 sangat minim prestasi. Dengan M1 generasi awal ini, YZR-M1 hanya mendapatkan 2x kemenangan. Ditahun 2003, Yamaha merubah Karburator menjadi Injeksi pada YZR-M1nya, Soal Desain YZR-M1 dimasa ini sedikit rada nyeleneh dari konsep sportbike kebanyakan, karena menggunakan dua shock dibagian belakang dan knalpot yang terkesan dipaksakan untuk berada ditengah dengan menembus buritan. Diawal generasi M1 ini, Yamaha disponsori oleh Marlboro, yang membuat warna YZR-M1 identik dengan warna Ducati yang pernah disponsori Marlboro saat Ducati bersama Loris Cappirosi yaitu berwarna Merah sedikit ada bagian putih layaknya Marlboro. Marlboro sendiri kita kenal sebagai produsen Rokok.

images (3)

Lanjut ke

• Tahun 2004-2005

Ditahun 2004 merupakan tahun kebangkitan Yamaha, pindahnya Valentino Rossi dari Tim Repsol Honda ke Yamaha membuat orang tersentak dikarenakan akhir tahun 2003 dia meraih gelar juara dunia dengan Repsol Honda, dan memutuskan untuk menggunakan Yamaha yang tidak kompetitif saat itu. Angin segar untuk Yamaha karena Rossi juga memboyong kepala Mekaniknya saat itu yang bernama Jeremy Burgess. Hijrahnya pembalap beserta “orang dalam” ke tim lawan memang bukan pertama kali itu loh, masih ada seperti Davide Brivio, dan yang masih baru-baru ini Mike Leitner eks kepala mekanik Pedrosa yang pindah ke KTM.

Back to topic, Kolaborasi di kubu Yamaha antara Rossi dan Mekaniknya mengubah YZR-M1 menjadi lebih baik, membawa pengalaman dari RCV Honda kedalam YZR-M1 membuat Rossi kembali meraih juara dunia di debut pertamanya bersama Yamaha, dan mematahkan anggapan orang bahwa jika Valentino pergi ke Yamaha, karirnya tidak akan segemillang saat bersama Honda. Perubahan geometri dan rangka M1, disinyalir membuat andil besar dalam hal handling M1 yang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Mesin yang dulunya menggantung kini dipeluk oleh rangka, konfigurasi klep yang dulu terdapat 5 buah persilindernya kini hanya 4 buah saja, dan settingan settingan lain seperti membuat lebih rendah posisi tangki untuk merendahkan center of gravity membuat YZR-M1 yang bermesin inline 4 silinder dapat menaklukan RCV yang bermesin tipe V-4. Ditahun 2004-2005 ini, Rossi berjaya sebagai juara dunia. Kalau masbro dan mbabro masih ingat, motor M1 era 2004-2005 ini dominan berwarna biru tua dengan sponsor Gauloises yang notabene merupakan produsen Rokok

images (5)

Lanjut ke

•Tahun 2006

images (6)

Ditahun ini tim Yamaha disponsori oleh Camel yang masih merupakan produsen rokok, dan YZR-M1 dominan berwarna kuning, YZR-M1 terpuruk dan Rossi sebagai pembalap utama gagal mempertahankan gelar juara dunianya dan direbut oleh Nicky Hayden yang berada di tim Repsol Honda. Masalah M1 ditahun 2006 disinyalir merupakan efek ban yang tidak klop dengan settingan Yamaha yang berpower besar, kelebihan power dan sasis kaku serta ban yang kurang mendukung diduga membuat YZR-M1 saat itu sangat susah dikendalikan. Perombakan total ditahun 2006 ini ternyata membuat YZR-M1 tidak bisa keluar sebagai motor yang juara dunia. Ditahun ini, motor prototipe dijejali kontrol traksi, pengontrol engine brake, ride-by-wire pengontrol whellie dan perangkat elektronik canggih lainnya.

Lanjut ke

• Tahun 2007

Regulasi tahun 2007 telah dirubah penyelenggara motogp, Dorna. Memangkas penggunaan mesin 1000cc (pembulatan dari 990cc) menjadi 800cc. Sponsor yang melekat di YZR-M1 yaitu FIAT yang notabene merupakan produsen Mobil. Perombakan M1 fokus kepada kecepatan untuk cornering dan aerodinamika yang lebih baik dari pada tahun sebelumnya. Bobot mesin menjadi lebih ringan hingga kurang lebih 3 Kg, YZR-M1 versi ini mempunyai handling yang sangat bagus, pengereman yang baik, dan traksi ban, namun sayang, juara dunia tahun 2008 jatuh kepada Ducati ditangan Casey Stoner.

images (11)

Lanjut ke

• Tahun 2008

images (9)

Ditahun ini, YZR-M1 masih disponsori oleh FIAT dan dari Visual tidak banyak mengalami perubahan, namun sebenarnya telah mengalami perubahan rigiditas sasis, wheelbase, geometri sasis, dan distribusi center of gravity yang dihitung ulang, ditahun ini pebalap Fiat Yamaha di isi oleh Valentino Rossi dan Rookie saat itu yaitu Jorge Lorenzo sepeninggal Collin Edwards. Ducati Desmocedici Casey Stoner yang tangguh di tahun sebelumnya dibuat bungkam oleh Rossi dan M1-nya, juara dunia pun diraih oleh Valentino Rossi.

• Tahun 2009-2010

Kisah tahun 2009 dan 2010, YZR-M1 masih ditunggangi oleh Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dan juga masih di sponsori oleh Fiat, tahun 2009 pada bagian mesin sangat berbeda dari tahun 2008, fokus Yamaha berada pada durabilitas mesin, atau bahasa awamnya, ketahanan mesin untuk dipakai lebih lama, karena menghadapi regulasi pembatasan mesin yang sudah ditetapkan oleh Dorna. Selain itu, Yamaha juga merombak kekakuan sasis M1-nya, sasis diperpanjang yang membuat panjang keseluruhan motor bertambah dan membuat posisi rider lebih ke depan. Tahun 2010, keseimbangan dan kekakuan sasis kembali diubah, perbaikan sistem aerodinamika juga lebih diperhatikan. Alhasil tahun 2009 dan 2010 di juarai oleh Yamaha YZR M1 masing masing oleh Valentino Rossi tahun 2009 dan Jorge Lorenzo di tahun 2010.

images (12)

• Tahun 2011-2012

Ditahun 2011, hal teknis yang dirubah adalah sasis, sasis memang langganan di otak-atik oleh para insinyur Yamaha.

images (10)

Keputusan Valentino Rossi yang hengkang ke Ducati dan kembali membawa Jeremy Burgess ke Tim asal Italia, membuat Jorge Lorenzo menjadi pembalap utama Yamaha, kekosongan posisi bangku yang ditinggal Rossi kini di isi oleh Ben Spies, namun sayang, sepeninggal Rossi, sponsor Fiat yang sudah setia menempel di M1 pun ikut pergi, dan menghasilkan sosok YZR-M1 yang minus sponsor utama, nama team pun berubah dari Fiat Yamaha Team menjadi Yamaha Factory Racing. Di tahun 2011 Jorge Lorenzo gagal mempertahankan juara dunianya setelah direbut oleh Casey Stoner yang saat itu berada di tim Repsol Honda dan pada tahun 2012, regulasi kembali berubah untuk menggunakan mesin 1000cc lagi. YZR-M1 pun kembali pembengkakan mesin mengikuti regulasi terbaru, dan YZR-M1 pada tahun 2012 berhasil kembali menjadi juara dunia di tangan Jorge Lorenzo.

• 2013-2014

Valentino-Yamaha-YZR-M1-promo-2013-valentino-rossi-34012538-710-544

Dua tahun di Ducati (2011-2012) Valentino Rossi merasa kurang kompetitif, dan melakukan comeback ke kubu Yamaha ditahun 2013, YZR-M1 masih polosan tanpa sponsor besar, ditahun 2013 YZR M1 tidak dapat menahan laju dominasi RCV Repsol Honda yang dikendarai Marc Marquez, alasan tim Yamaha adalah masalah Seamless Sift Gearbox pada Honda RCV memang harus diakui membuat pangkasan waktu dalam hal oper gigi.

download (1)2014_yamaha_yzr-m1_05

Lanjut tahun 2014, tim Yamaha disponsori Movistar asal Spanyol, huruf “M” khas dari logo Movistar pun menempel di bagian fairing, sempat launching di Indonesia dengan tanpa sponsor, sesaat setelah launching, Yamaha bersepakat dengan Movistar untuk kontrak sponsor, YZR-M1 pun diklaim lebih kuat dari segi pengereman dan geometri, karena mendapatkan beberapa revisi sebelumnya. Namun hal itu juga masih mendatangkan masalah karena piringan cakram menjadi panas sekali saat melakukan late braking, suhu cakram mencapai hingga 700 derajat, dan dianggap melebihi ambang batas, oleh karena itu rem depan YZR-M1 dipasang air scoop yang terbuat dari karbon untuk menangkap udara, part ini dipasang menutupi bagian kaliper, dengan cara tersebut, dapat membuat suhu cakram terjaga, sehingga pengereman lebih maksimal, namun kendala terbesar yang dianggap membuat YZR-M1 takluk terhadap RCV adalah ban yang tidak cocok untuk karakter YZR-M1. Dua tahun beruntun (2013-2014) YZR-M1 harus takluk dengan RC213V yang dikendalikan Marc Marquez.

Tahun 2015 sponsor di YZR M1 masih movistar, dengan perubahan logo menjadi lebih besar. belum diketahui apa saja perubahan teknis didalamnya.

2 (1)

Demikianlah ringkasan singkat dari sejarah YZR-M1 dari gen awal 2002 hingga berkembang dan terus dikembangkan hingga detik ini oleh tim Yamaha Motogp. Salah Khilaf dan kekurangan, saya mohon maaf, Dari keseluruhan YZR-M1, yang mana favorit Masbro Mbabro?

Salam dari Aspal Borneo

Baca Juga

Keterkaitan Rossi di Motor Honda RC211V, Yamaha YZR M1, Ducati Desmosedici GP12,dan Suzuki GSX-RR

Yamaha V-Ixion Giginya ditangan

Lima Matic Besar yang dimiliki Yamaha

———————————————
Author by Muhammad Imron,S.Kep,Ns
Ngeblog juga di Loversmotogp.blogspot.com dan Tipssehatsederhana.wordpress.com
———————————————

Iklan

4 responses to “Sejarah YZR-M1 dari Waktu ke Waktu (2002-Sekarang)

  1. RCV sejak 2002 sampai 2008 mesinnya bukan V4 tapi V5

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s