Suka Tidak Suka, ada andil Rossi dalam sosok motor Honda RCV, Yamaha YZR M1, Ducati Desmosedici dan mungkin juga Suzuki GSX RR

Assalamualaikum masbro mbabro….

images (6)

iimvixby.com Suka atau tidak suka, itulah kalimat judul yang lumayan panjang yang akan iimvixby.com sajikan saat ini, membahas sedikit sejarah motogp era The Doctor Valentino Rossi.

Yups, sebagai legenda hidup motogp, tentu akan ada torehan prestasi yang di ukirnya, namun dibalik itu, sepeda motor balap motogp yang kini asyik bersaing, merupakan hasil pengembangan seorang Valentino Rossi, yups, suka tidak suka itulah kenyataannya, motor motogp apa sajakah itu, ya, Honda RC211V sebagai cikal bakal RC213V yang dikenakan Marc Marquez dan Dani Pedrosa saat ini. Kedua, cikal bakal Yamaha YZR M1 yang dia gunakan saat ini bersama Jorge Lorenzo. Ketiga, cikal bakal Ducati Desmosedici yang kini dikendarai oleh Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone, dan Keempat, “Mungkin” adalah cikal bakal sosok Suzuki GSX RR yang akan digunakan dalam comeback Suzuki ditahun 2015 ini. Berikut cerita pendeknya.

Rossi dan Honda RCV + Jeremy Burgess

tam14092

Rossi dan Jeremy Burgess (kepala mekanik rossi saat itu) adalah sosok yang tidak dapat dipisahkan, ibarat sejoli mereka berdua saling membutuhkan untuk saling melengkapi, Jeremy Burgess sendiri merupakan bekas kepala mekanik dari Mick Doohan yang sudah pensiun, Doohan berjaya dengan NSR500 yang diracik dibawah tangan dingin Burgess. Namun Burgess sendiri mengatakan bahwa dia bisa membuat motor yang seimbang dan enak dikendarai adalah saat bersama Valentino Rossi, bukan NSR500-nya milik Mick Doohan yang sangat liar, atau malah motor yang dinaiki Criville yang dikeluhkan Rossi seperti motor Drag.

Dengan segudang pengalamannya bersama NSR500 yang berupa motor 2tak, Burgess duet dengan Rossi untuk mengembangkan motor 4tak Honda RCV berlabel RC211V untuk tahun 2002 dimulai dari nol. Alhasil? RCV Honda merajai motogp saat itu, Sete Gibernau yang dulu memble dengan Honda NSR500 dan Suzuki 990cc, tiba-tiba menjadi kuat bersama RCV ditahun 2003-2004, Marco Melandri yang minim prestasi, kemudian melejit di tahun 2003-2004, itu semua karena tunggangan berlabel RC211V hasil racikan legenda hidup Vale dan kepala mekaniknya (saat itu) Jeremy Burgess. Sasis yang dibuatnya pada RCV dengan sasis yang memeluk mesin adalah temuan yang dipakai hingga kini, karena sasis tersebut, membuat titik distribusi berat motor benar-benar berada ditengah bagian mesin, dan membuatnya minim getaran mesin dibanding motor yang lain saat itu, Dengan penjelasan panjang lebar tersebut, walaupun sekarang RCV dikembangkan atas tester Honda, Casey Stoner, ya tetap aja bisa disebut suka atau tidak suka cikal bakal RC213V Marc Marquez berasal dari RC211V hasil pengembangan Jeremy Burgess dan Rossi

Rossi dan YZR M1 + Jeremy Burgess

images (7)

Suka ataupun tidak suka, lagi lagi kita harus menyebut Rossi dan Burgess dibalik kesuksesan YZR M1, ditahun awalnya, YZR M1 tahun 2002-2003 dikembangkan oleh Max Biaggi, Mesin inline berkatup 5tersebut dianggap sangat buruk saat itu, dan ketika Rossi pindah ke Yamaha mengangkut seluruh mekaniknya dari Honda, Furusawa (kepala tim Yamaha saat itu) mempercayakan penuh pengembangan M1 kepada Rossi dan Burgess. M1 era Biaggi pun dipensiunkan dan diganti dengan Racikan khas RCV Honda, diganti dengan mesin berkatup 4 dan formula pengapian mirip dengan Honda RCV, walaupun mesin M1 adalah inline sejajar, tapi pengapian sudah seperti mesin RCV yang V-4, karena Burgess dan Rossi sudah mengubah kruk as mesin sejajar milik M1. Bahkan Jeremy Burgess membuat kruk as berputar searah jarum jam, itu berlawanan dibandingkan motor lain. Selain itu, mereka berdua juga mengubah total sasis milik M1 yang dulunya hanya sebagai tempat menggantungkan mesin, menjadi mirip Honda RCV yang memeluk mesin. Nah karena hal tersebut, mau tidak mau YZR M1 sejak era Rossi adalah RCV Versi Yamaha, dan suka atau tidak suka, cikal bakal YZR M1 sekarang yang dikendarai Rossi, Jorge Pol Espargaro dan Bradley smith ditahun 2015 berasal dari tiruan RC211V hasil pengembangan Jeremy Burgess dan Rossi

Rossi dan Ducati Desmosedici GP.12 + Jeremy Burgess

images (8)

Suka atau tidak suka, ketika kisruh Rossi dan Yamaha diakhir 2010 membuat Rossi menarik diri, dan tidak ketinggalan sang kepala mekanik Jeremy Burgess ke Ducati. Sejak kepergiannya itulah Rossi dan Burgess meracik ulang Ducati dengan ramuan ala RCV dan YZR M1, dirubahnya engkol kruk as Ducati menjadi lebih berat untuk Desmosedici GP12 merupakan langkah perubahan yang mereka bawa dari pabrikan Jepang ke Pabrikan Italia tersebut, racikan sasis RCV dan YZR M1 pun disematkan pada Desmosedici GP 12, dengan sasis yang mirip RCV dan M1, maka Ducati yang dulu memakai rangka tipe teralis, berubah memakai twinspar/deltabox.

cats

Walaupun hasilnya Vale terseok-seok di Ducati, namun perubahan Ducati Desmosedici sejak kedatangan Rossi dan hingga kini, suka atau tidak suka cikal bakal Ducati Desmosedici GP15 berasal dari RC211V dan YZR M1 hasil pengembangan Jeremy Burgess dan Rossi.

Rossi dan Suzuki GSX RR + Davide Brivio

bri ros

Nah, untuk segmen Suzuki GSX RR ini, saya hanya menerka nerka saja bahwa perubahan Suzuki motogp untuk tahun perdananya kembali ke ajang motogp, adalah tidak lain merupakan perubahan yang dibawa oleh Davide Brivio yang merupakan bekas orang penting di Yamaha, karena dia merupakan bekas tim manajer dari seorang Valentino Rossi. Brivio di Suzuki juga menjabat sebagai orang yang cukup penting, yaitu sebagai Manajer tim Suzuki motogp. Yups, Brivio lah sosok yang berjasa membawa Rossi ke Yamaha 2004 silam, kini lupakan Brivio di tim biru Yamaha, kini dia berlabuh kepada tim biru Suzuki, dan membawa perubahan yang cukup radikal, dia membawa perubahan mesin, nama motor Suzuki sebelum berhenti dari ajang motogp ditahun 2011 disebut dengan motor Suzuki GSV-R berkonfigurasi mesin V. Sedangkan tahun perdananya comeback (2015), Suzuki justru meninggalkan konfigurasi V dengan membuat motor yang benar-benar baru yaitu mesin inline 4, mirip YZR M1 dan bahkan bentuk GSV-R yang dulu puny ciri khas tersendiri, kini GSX RR mempunyai bentuk yang sekilas mirip dengan bentuk YZR M1, hmmm apakah Brivio yang Eks Yamaha, membawa atmosfer M1 kedalam GSX RR. Jika Iya, mau tidak mau suka tidak suka cikal bakal Suzuki GSX RR berasal dari RC211V, YZR M1, Ducati Desmosedici hasil pengembangan Jeremy Burgess dan Rossi yang dibawa brivio dari Yamaha ke Suzuki.

suzu

Ternyata mereka bersaudara ya masbro mbabro….

Salam dari Aspal Borneo

———————————————
Author by Muhammad Imron,S.Kep,Ns
Ngeblog juga di Loversmotogp.blogspot.com dan Tipssehatsederhana.wordpress.com
———————————————

Iklan

20 responses to “Suka Tidak Suka, ada andil Rossi dalam sosok motor Honda RCV, Yamaha YZR M1, Ducati Desmosedici dan mungkin juga Suzuki GSX RR

  1. yupp s7 dgn pemikiran gw..sdh terbukti dan smpe skrg tdk terbantahkan

  2. nice article.

  3. Artikel ngawor…
    Semua dikait2kan.
    Ngomong2 cikal bakal,
    suka tidak suka, cikal bakal sepeda motor ya SEPEDA ONTEL.

  4. keren ne artikel…ane telat bacanya….
    lebih baik telat dri pada tdk baca… hahha

  5. ga netral beritanya… ampas tahu

  6. Donnie Abugzline

    si Komat mungkin lupa minum obat bro, hehehee
    tapi memang saya pun beranalisis seperti demikian..
    memang semua revolusi tsb dimulai di era valentino rossi. kebetulan saya ini seorang fotografer, dan beberapa kali bertemu valentino di jakarta untuk peliputan, saat beliau datang ke indonesia.saya sempat bertanya satu pertanyaan yang membuat dia berfikir untuk menjawabnya.. waktu itu saya memberikan pertanyaan .”Vale,what are you doing with all motorcycle that once you drive, to be accelerated and stable? dan dia menjawab “radical changes, dare to experiment,
    and always consider the motor was your best friend.”
    jadi saya rasa betul apa yg bung iim katakan..
    trims..

    Instagram : donnie_abugzline

  7. becak motor 2 silinder

    Wadawww…kejauhan bro bahasnya..🍻

  8. sebenarnya sech hal semacam yg di bahas td bukan hal yg istimewa, tp dri segi kecanggihan dan perkembangan tekhnologi, kekuatan pondasi tetep yg paling utama, jadi….. mau siapa saja yg meng-custom, tetep penemu awal yg punya jasa besar.

    ibarat rumah, tanpa pondasi ngga mungkin bisa berdiri kokoh, tp sayangnya pondasi sering di lupakan.

    maaf buat yg ngga sependapat, ini forum sosial semua boleh corat coret asal ada bobotnya, bukan cuma bisa nyari kesalahan yg laen.

  9. Suzuki skrg yg ada d motogp pk tekno vvti, krn rossi jg?? 😊

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s