Kena Tilang Karena Ban Tidak Memakai Tutup Pentil ? Ini yang harus dilakukan Pengendara

Assalamualaikum masbro mbabro..

iimvixby.com – Kena tilang karena Ban tidak dilengkapi tutup pentil? Apakah benar Polisi dapat menilang kita jika ban kendaraan kita tidak ada tutup pentil? Berawal dari pertanyaan seorang teman dan mungkin itu juga menjadi pertanyaan dibenak kita, karena kasus penilangan tersebut memang benar adanya dan pernah dilakukan beberapa polisi di beberapa daerah di Negeri Indonesia tercinta. Mungkin penjabaran berikut bisa menjawabnya.

Kita menjabarkan dulu tentang tindakan tilang itu adalah tindakan yang dilakukan Polisi secara langsung kepada pengendara, karena pengendara tersebut berpotensi menimbulkan kecelakaan, berpotensi menimbulkan kemacetan, dan merugikan orang lain sedangkan Polisi tidak berhak melakukan tilang kepada pengendara jika tidak melakukan suatu pelanggaran.

Fungsi utama dari tutup pentil adalah mencegah udara yang ada di dalam ban tidak keluar melalui celah kecil yang terdapat di katup pentil. Fungsi lainnya juga merupakan pencegah kotoran masuk kedalam pentil, mengutip dari detikOto, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono mengatakan “Kalau cuma penindakan akibat tidak menggunakan tutup pentil, harusnya itu diingatkan saja,” , yups, jelas sudah dari perkataan beliau bahwa tidak ada yang namanya tilang tutup pentil masbro mbabro!

Beliau juga menambahkan “Kami tidak pernah memerintahkan untuk menindak pengendara yang tidak menggunakan tutup pentil. Kalau ada petugas seperti itu, tanya dia sekolah kepolisian dimana, dan laporkan ke atasanya”. Nah, Cukup jelas toh, lugas dan Fakta bahwa jika ada oknum polantas yang menilang cuma gara-gara minus tutup pentil, kita bisa membela diri, bahkan sampai ke presiden kita lawan !!!

Salam dari Aspal Borneo

Iklan

2 responses to “Kena Tilang Karena Ban Tidak Memakai Tutup Pentil ? Ini yang harus dilakukan Pengendara

  1. tapi apa berani? ntar dibilang nglawan sama polantasnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s