Calon Mahasiswa? Pikir Ulang jika ingin masuk dunia Perawat

Assalamualaikum masbro mbabroiimvixby – Lagi jenuh dengan berita mesum Roda Dua, Kembali saya ingin membahas dunia saya yang notabene merupakan dunia paramedis yang memang masih menggiurkan untuk dimasuki. Apa saja yang harus dipikir ulang jika anda atau anak atau kerabat anda ingin memasuki dunia perawat? Berikut penjabarannya.

Dunia kesehatan memang harus selalu update, melihat perkembangan yang ada, dijaman sekarang untuk D3 keperawatan memang ada wacana untuk tidak lagi diselenggarakan, sehingga rencananya kedepan, perawat itu minimal S1 alias sarjana.

Setelah anda mendapatkan gelar sarjana keperawatan, ( S.Kep ), anda pikir sudah selesai? Gampang Kerja? Mungkin saja, tapi tidak untuk daerah perkotaan, mungkin title ( S.Kep ) anda akan terpakai jika kerja dipelosok, atau daerah terpencil, ini dikarenakan daerah perkotaan, persaingan memang tak dapat dihindari.

Anda pikir Sarjana Keperawatan yang menelan dana rata rata ± 60 jutaan saja cukup? Tidak ! Ingat 60 jutaan itu hanya untuk biaya administrasi alias SPP saja selama ± 4 tahun, gimana anda yang ngekost? Jelas selama 4 tahun akan mendekati nilai 100 juta. Andai anda gunakan dana tersebut untuk wirausaha, mungkin akan lain ceritanya.

Ya. Sarjana Keperawatan akan dituntut untuk kembali berkuliah, bahkan katanya ada wacana mewajibkan sarjana keperawatan untuk kembali kuliah profesi Ners, selama ± 1 hingga 2 tahun lagi, profesi ners, hampir mirip kasusnya dengan Dokter, jika dokter lulus sarjana belum boleh menggunakan ( dr ), hanya menggunakan ( S.Ked ).

Contoh : iimvixby. S.Ked. Bukan : dr.iimvixby

Gelar dr, akan didapatkan jika S.Ked melanjutkan Coas, begitu juga perawat (Nurse) yang hanya sarjana ( S.Kep ), belum dianggap profesional jika belum mendapat gelar “Ns” setelah menempuh pendidikan kembali yaitu Ners. Biaya SPP Ners pun beragam, kalo untuk tahun lalu saja saya ambil nilai tengahnya aja sebut saja 10 jutaan diluar biaya hidup.

Kita total dulu :

» 60 juta ( S.Kep ) + 10 juta ( Ns ) : 70 juta

Oke dengan biaya segitu gelar sudah “S.Kep,Ns”

Memasukkan lamaran kerja ? Susah masbro mbabro…

Karena tuntutan keselamatan pasien semakin tinggi, sehingga skil perawat yang hanya S.Kep,Ns masih diragukan, sebelum mempunyai sertifikat sertifikat pelatihan sebut saja pelatihan BTCLS, apa itu BTCLS? BTCLS adalah Basic Trauma Cardiac Life Support, itu merupakan pelatihan penanggulangan pada orang dengan trauma fisik dan jantung yang mengancam jiwa.

Jika anda bermodal Ijasah S.Kep, Ns saja,,, melamar di Instansi Pemerintahan dikota ( Rumah Sakit/Puskesmas), maaf, lamaran anda kemungkinan besar hanya numpang lewat aja!

Nah, BTCLS pun tidak Gratis, jika di pulau jawa masih menyentuh biaya sekitar 1 koma sekian juta saja, lain lagi dengan kalimantan, menyentuh angka 3 jutaan, sehingga kita total lagi :

» 70 juta ( S.Kep,Ns ) + 3 juta ( BTCLS ) : 73 juta.

Cukup? Belum masbro mbabro…

Ada serangkaian tes lagi yang harus anda ikuti, dengan nama “uji kompetensi” , berlaku sejak tahun angkatan yang lulus ditahun 2013 keatas ! Dibawah tahun 2013 dilakukan Pemutihan.

Wajib mengikutinya, untuk mendapatkan pengakuan seorang perawat profesional yang terdaftar alias teregistrasi, dengan adanya STR ( surat tanda registrasi ) didapatkan jika anda lulus menjawab 180 biji soal dalam 180 menit dan bersifat OnLine dan serentak diseluruh Indonesia, dijamin tidak bisa contek menyontek karena soal diacak, mungkin si A mendapatkan soal tentang keperawatan jiwa pada nomer 1, sedangkan si B disoal nomer 1 BUKAN tentang keperawatan jiwa, jadi contek mencotek bisa dikatakan 0%.

Jika tidak lulus? Anda belum mendapatkan STR dan harus mengulang lagi nanti, beberapa bulan !!! Tidak lulus lagi? Ulang lagi dan menunggu lagi beberapa bulan lagi, begitu seterusnya, Apa yang anda lakukan saat itu? Meratapi Nasib? Ya mungkin saja ! Untuk Uji kompetensi, yang saya ketahui masih gratis, entahlah nanti kedepannya.

Akan bisa bersaing seorang Perawat di perkotaan, dengan ijasah S.Kep,Ns + sertifikat BTCLS, dan STR, semua sangat susah untuk sekarang, hingga mungkin nanti !

Sebut saja 73 juta untuk biaya mendapatkan gelar : “S.Kep,Ns” dengan sertifikat yang siap bersaing.

73 juta + biaya hidup 6 Tahun, ( jika anda adalah anak kost selama 4 tahun untuk sarjana dan 2 tahun untuk profesi Ners )

Bayangkan….

Masih tertarik dengan Dunia Keperawatan ?

Salam dari Borneo

Iklan

10 responses to “Calon Mahasiswa? Pikir Ulang jika ingin masuk dunia Perawat

  1. wew…. ngeri juga ya…duitnya… mending untuk berwirausaha…

  2. Di sini, booming taun 2000an, masuk sekolah kesehatan adalah impian. Sekarang banyak yg nganggur karena mungkin terlalu banyak stok perawat

  3. nais artikel gan, membuka wawasan ane

  4. yah betul sekali mmg begitu dunia perawat..makin ribet..saya saja undur diri dan fokus di dunia seniman

  5. aku juga bingung mau milih profesi atau tidak. sebenernya aku gak suka keperawatan. cuma kejebak aja. solusinya dong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s