Anda perokok? waspadai kanker paru, dan simak pengalaman unik saya dengan seorang perokok

Assalamualaikum masbro mbabro

iimvixby – Sebagai salah seorang tenaga kesehatan, saya adalah seorang yang sadar betul akan bahayanya merokok, walaupun saya tidak menutupi bahwa ada sebagian tenaga kesehatan yang merokok, saya justru menganggap merokok itu adalah sebagian dari sebuah kerugian besar, baik segi kesehatan maupun finansial, bayangkan.Berapa dana yang dikucurkan seorang perokok hanya untuk satu tahun saja, tentu saya yakin jumlahnya cukup fantastis, begitu juga dari segi kesehatan, walaupun tidak tampak mata, penyakit justru mengintai, peringatan dibungkus rokok sudah cukup mewakili apa saja yang akan dialami perokok dalam jangka menengah dan jangka panjang, bahkan sekarang peringatan kemasan rokok lebih singkat dan padat, yaitu merokok membunuhmu. Bahkan sekarang dibarengi dengan aturan memajang gambar mengerikan tentang bahaya merokok.

Ada cerita menarik dan nyata dari saya, saat itu saya berada dirumah mertua, dirumah mertua sedang kedatangan tamu, sahabat beliau, namun karena kehabisan rokok, teman mertua saya menyuruh saya agar membeli rokok di luar gang rumah, namun ada embel-embelnya, kurang lebih seperti ini dalam bahasa banjar : “ding, tukarakan rokok samp*erna yang gambarnya kadaa ngeri lah”. Jika dibahasakan Indonesia maka kalimat suruhnya seperti ini :

” Dik, belikan rokok samp*erna yang gambarnya tidak ngeri ya”

Dengan sedikit heran, saya mengiyakan dan sambil menggerutu dengan istri saya, loh seorang perokok justru takut melihat keadaan yang sebenarnya akan terjadi pada dirinya kelak.

Setelah diwarung, saya memilih yang bergambar perokok yang gambar asapnya menyerupai tengkorak. Menggelitik memang, ternyata seorang perokok aktif takut dengan gambar ekstrim pada kemasan rokok, namun tetap saja membelinya.

Setelah panjang lebar saya menjelaskan pengalaman diatas, mungkin saya akan mengintimidasi lagi kepada para perokok agar mulai saat ini, kurangi sedikit demi sedikit kebiasaan buruk tersebut. Salah satunya penyakit kanker paru.

Kanker paru adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan dapat menyebar ke organ vital lain. Kenali tanda dan penyebab utama penyakit mematikan ini. Penyakit kanker paru umum ditemui pada perokok yang kematiannya bisa mencapai 1.370.000 setiap tahun
diseluruh dunia. Rokok memang menjadi penyebab utama dari munculnya kanker paru-paru. Faktor resiko
terbesar ini bisa mencapai 85 persen dari semua kanker paru-paru. Kemungkinan perokok aktif bisa memicu penyakit ini adalah sekitar 10 hingga 30 kali lebih besar,(Sumber,Healthmeup)

Tanda-tanda dan gejala yang menunjukkan adanya
kanker paru adalah:

-gejala pada saluran napas: batuk, batuk darah,
bengek atau napas pendek

-gejala sistemik: berat badan turun, demam, gada
pada kuku jari, atau kelelahan

-gejala karena tekanan di daerah lokal: nyeri dada,
nyeri tulang, obstruksi vena cava superior, kesulitan
menelan Bila kanker tumbuh di sekitar saluran napas, keadaan ini dapat menghambat aliran udara, menyebabkan sesak napas. Hambatan ini dapat menyebabkan adanya akumulasi sekret di belakang sumbatan, dan menyebabkan terjadinya pneumonia.

Semoga bermanfaat

Sumber :
•Pribadi
•Okezone
•Healthmeup
•Wikipedia

Foto :
•Wikipedia
•Ceritamu.com

Salam dari Borneo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s