Profile & Career Marc Marquez

Assalamualaikum masbro mbabro

iimvixby – Juara Dunia motogp 2014 sudah sah milik Marc Marquez, pun titel juara dunia 2013 juga menjadi kepunyaannya, talenta yang dimilikinya memang patut diacungi jempol, kini dia menjadi idola dari kalangan pecinta motogp. Tidak banyak kata, untuk lebih dekat dengan sang idola yang bernomor motor 93 ini, mari simak ulasan profil singkatnyaSebagai sesama pecinta motogp, tentu Marquez adalah salah satu rider motogp yang banyak fans, pebalap bernama lengkap Marc Marquez Alenta, lahir pada tanggal 17 Februari 1993, di Cervera, Lleida, Spanyol. Dari seorang Ibu bernama Julia Marquez dan Ayahnya bernama Rosser Alenta. Ia memiliki adik bernama Alex Marquez yang juga berprofesi sebagai pembalap motor.

Ketertarikan seorang Marc terhadap dunia balap khususnya motor,berawal dari sering diajak mengunjungi sirkuit jerez di Spanyol untuk menyaksikan event balap disana dan tak banyak yang tau bahwa karier anak emas Honda ini berawal dari dunia motocross.

Di usia 4 tahun, pebalap yang kini berumur 21 tahun ini meminta sebuah sepeda motor mini yang dilengkapi dua roda bantu sebagai hadiah Natal kepada orang tuanya untuk menjadi media berlatihnya. Sejak itulah Marc kecil mulai mengendarai sebuah motor. Ayahnya melatih insting dan filling berkendara seorang Marc kecil dilapangan terbuka di dekat rumah mereka dan juga mengikutsertakan sang anak dalam ajang kompetisi enduro dan motocross.

Marquez mengikuti balapan pertamanya di usia 5 tahun dengan mengikuti balapan yang bertajuk “Enduro for kids”. Berkat berlatih serius pada tahun 1999 dengan motor bekas trail 50cc dari pembelian Ayahnya. Marc kecil mampu menjadi runner up di Motocross Catalan Championship, dan setahun kemudian sukses menjuarai di ajang tersebut pada initiation category.

Di Tahun 2000, Marc coba peruntungannya diluar dunia motocross, dengan berpartisipasi pada balap motor kecil di sirkuti karting, Conti Cup. Meski tahun pertamannya tidak memuaskan, tapi ia kembali bersama tim Procurve dan mengakhiri kejuaraan di posisi ke tiga. Marquez, yang tetap balap motocross, beralih fokus ke dunia Road Racing pada tahun 2002 dan bersama tim yang sama turun di Open RACC 50 enam seri pada Catalan Championship. Hasilnya mengejutkan, karena ia bisa meninggalkan lawannya di kelas advant hingga 20 detik. Jarak yang cukup jauh dan jelas ini motor minim elektronik, kemampuan dirinya lah yang membuatnya bisa.

Di Tahun 2003, Marc yang masih bocah naik kekelas 125cc dengan motor Honda di RACC Impala. Pada akhir musim, dia berhasil jadi runner-up dibelakang rekannya Pol Espargaro yang saat itu adalah berstatus rekan setimnya dan berumur dua tahun lebih tua dari Marc.
Setahun berikutnya Marquez menjuarai kelas 125 cc Catalan Championship sekaligus menjadi juara Supermotard Catalan Championship 85 cc. Pada 2007, ia juga turun di Spanish Road Racing Championship (CEV), namun ia hanya finis kesembilan di klasemen akhir setelah beberapa kali mengalami kecelakaan dikarenakan Marc kesulitan dengan beban tambahan
sebanyak 20 kg pada motornya karena ia terlalu “ringan”. Sehingga penambahan bobot ini membuat motornya kurang stabil dan beberapa kali terjatuh.

•KEJUARAAN DUNIA 125 cc

Marc memulai karir debutnya di kejuaraan dunia 125cc pada 13 April 2008, di GP Portugal ketika berusia 15 tahun 56 hari. Mengendarai Motor KTM ia hanya mampu finis ke-18 pada balapan pertamanya tersebut.
Marc meraih podium pertamanya di kelas 125cc
di GP Inggris pada 22 Juni 2008 ketika berusia 15 tahun 127 hari. Namun selama 13 seri pada musim debutnya itu ia terhambat oleh cedera dan hanya menempati peringkat ke-13 di klasemen akhir.

Di tahun 2009, Marquez hanya meraih satu podium
saja, di GP Spanyol. Selang satu seri, tepatnya di GP
Prancis dia meraih posisi pole pertamanya di 125cc
pada usia 16 tahun 89 hari meskipun di balapan ia
gagal finis. Di akhir musim keduanya itu, ia menempati urutan kedelapan. Di musim ketiga, tepatnya 2010, penampilan Marquez meningkat. Dari 17 seri, ia mengemas 12 podium termasuk 10 kemenangan, lima diantaranya secara beruntun yaitu di GP Italia, Inggris, Belanda, Catalunya, dan Jerman serta empat kali menang beruntun lagi di GP Jepang, Malaysia, Australia, Portugal. Benar-benar menampilkan bakatnya sehingga dia berhasil menjadi pembalap termuda yang
memenangkan empat balapan secara berturut-turut
di GP125cc. Marquez sukses menjadi juara dunia 125cc dan ini merupakan gelar juara dunia pertamanya.

• KEJUARAAN MOTO 2

Tahun berikutnya yaitu 2011 Bocah ajaib ini naik ke kelas Moto2 sebagai pebalap dari tim Monlau Competicion, yang dikelola oleh manager pribadinya
Emilio Alzamora. Ia mengawali musim debutnya ini
dengan sepasang kecelakaan di GP Qatar dan
Spanyol. Baby alien meraih kemenangan perdana di Moto2 di GP Perancis. Kemudian ia meraih pole pertamanya di GP Inggris meskipun gagal finis pada balapan tersebut. Meski menang tujuh kali dari total 11 podium dan mencetak 7 pole, ia hanya menjadi
runner up dan harus merelakan gelar juara dunia
jatuh ketangan rivalnya kala itu Stefan Bradl yang kini juga membalap dikelas motogp.

Next Year, Marc menjadi juara dunia Moto2 setelah tampil mendominasi selama semusim. Dari 17 laga Seri, Marc meraih sembilan kemenangan dari 14 kali naik
podium. Ini merupakan koleksi gelar juara dunia
kedua bagi Marc di kejuaraan dunia Grand Prix. Tahun depannya dia resmi naik kelas motogp.

• KEJUARAAN MOTOGP

Marc naik ke kelas MotoGP untuk menggantikan Casey Stoner yang pensiun, dan bergabung dengan rekan
senegaranya Dani Pedrosa di tim Repsol Honda. Berstatus Rookie, dia berhasil langsung duduk dimotor kelas pabrikan yang sebelumnya Dorna telah melarang rookie langsung ke pabrikan, ada apa dengan Dorna? Sepihak menghentikan regulasi rookie tersebut, Marc mengawali balapan perdana di kelas utama dengan sangat fantastis setelah berhasil naik podium di seri
pembuka GP Qatar.

Kontroversi Marquez tidak selesai diaturan Rookie saja, Marquez yang dikenal punya gaya membalap agresif cenderung membahayakan ini sempat terlibat beberapa insiden yang menjadi pemberitaan heboh di media. Seperti pada GP Jerez, ia terlibat Insiden senggolan dengan juara bertahan Jorge Lorenzo di tikungan terakhir dalam perebutan posisi kedua. Kemudian di GP Laguna Seca, ia menyalip Valentino Rossi di sebelah luar tikungan terkenal Corkscrew, dan di Aragon ia juga menyenggol Dani Pedrosa hingga rekan setimnya itu terjatuh setelah kabel kontrol traksi terputus. Kontroverial dan Fenomenal.

The Baby Alien memastikan diri menjadi juara dunia pertamanya di MotoGP pada seri pamungkas di Valencia meskipun hanya finis ketiga ϑî belakang pemenang lomba Lorenzo dan rekan setimnya Dani Pedrosa di posisi kedua. Diklasemen akhir, Marc unggul 4 poin saja dari runner-up dari Jorge, pada musim pertamanya ini, Marc 6 kali menang dari total naik podium sebanyak 16 kali dari 18 seri GP dan hanya hanya dua kali gagal finis ketika terjatuh di Mugello dan didiskualifikasi di GP Australia yang kontroversial itu.

Berkat aksi gemilangnya, Marquez resmi menjadi juara dunia termuda MotoGP di usia 20 tahun 266
hari. Ia mematahkan rekor dari pebalap Honda tempo dulu, Freddie Spencer yang memenangkan gelar juara 500cc pada tahun 1983 diusia 21 tahun dan 258 hari..

Musim 2014 Marquez masih bersama Repsol Honda
dan tetap menjadi pembalap unggulan untuk meraih
gelar juara dunia. Terbukti, disirkuit motegi jepang kemarin dia mengukuhkan diri sebagai juara dunia kelas para raja di tahun 2014. Rekor demi rekor pun dia torehkan dan pecahkan, pada 2014 Marquez sangat mendominasi. Seperti tidak ada lawan kecuali kesalahan kesalahan yang dia buat sendiri pada GP Aragon dan Misano.

Marc pun sudah membubuhkan kontraknya masih bersama tim Honda berkelir oranye ini hingga 2 tahun kedepan.

Nama : Marc Marquez Alenta
Nomor : 93
Tanggal Lahir : 17 Februari 1993
Tinggi : 168 cm
Berat : 59 kg

Karir
2008 : World Championship debut
13th 125cc World Championship
2009 : 8th 125cc World Championship
2010 : 125cc World Champion
2011 : 2nd Moto2 World Championship
2012 : Moto2 World Champion
2013. : Motogp World Champion
2014. : Motogp World Champion

Referensi bacaan :
•wikipedia
•sneijdera21
•metrotvnews
•laurencius1
•alfirayunita99
•motorpasionmoto

Wow, congrats, fantastic the Baby Alien.

Salam dari Borneo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s