Journey to the Kalimantan Selatan : Mesjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin (Sabilal Muhtadin Mosque Banjarmasin)

Assalamualaikum masbro mbabro

iimvixby – Kalimantan Selatan sedang panas nih… Saat bengong Tercetuslah ide menambah kategori pada blog “ecek-ecek” ini dengan nama kategori “Journey to the Kalimantan Selatan”, yups.. Walaupun saya jarang jalan-jalan, tapi jelas tujuan dibuatnya kategori “JttKS” itu untuk mengeksplorasi apapun yang ada di Kalimantan Selatan ke dalam bentuk tulisan masbro mbabro…Berhubung saya beragama islam, saya sangat tertarik mengeksplor mesjid-mesjid yang pernah saya sambangi. Walaupun tidak menutup kemungkinan kategori “JttKS” nanti membahas tempat wisata ataupun yang lainnya seputar kalsel…

Mulai dari Mesjid Raya Sabilal Muhtadin…

Adalah mesjid besar yang berada di Banjarmasin, tepatnya terletak di Jl. Jenderal Sudirman kelurahan Antasan Besar, kecamatan Banjarmasin Tengah. Di dalam kompleks mesjid ini juga terdapat kantor MUI Kalimantan Selatan.

Masjid Sabilal Muhtadin dibangun pada tahun 1981 dengan luas 5250 m2, dengan kapasitas jamaah hingga 15.000 di tepi barat sungai Martapura yang diseberangnya terdapat siring sungai tempat “anak nongkrong” Banjarmasin ketika sore hingga malam hari.

Dulu ketika berkuliah di Banjarmasin saya sering jumatan di mesjid ini atau malah malam harinya nongkrong makan jagung ditepi sungai martapura yang ada di tepian mesjid ini.

Salahnya adalah siring dekat mesjid ini dijadikan ajang pacaran muda mudi kalsel khususnya Banjarmasin tanpa mengenal batas sopan. Termasuk preman juga ada yang mabuk mabukan ditempat yang tidak jauh dari mesjid besar ini.
Bahkan menurut kabar, dulu seputaran mesjid ini, terdapat penjaja kenikmatan malam yang menjual dirinya pada lelaki hidung belang. Naudzubillah mindzalik. Alhamdulillah sekarang sudah tidak ditemukan hal yang demikian.

Nongkrong di Siring siang siang

Siring malam hari :

Salam dari Borneo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s