Susah nyari Busi Standart V-Ixion NGK CR8E

Assalamualaikum masbro mbabro.

V-Ixion, tak sembarangan saya mau ganti parts abal-abal… Selama ini semua masih Genuine parts kecuali Air Radiator dan Rantai (Gear nya masih Yamaha Genuine Parts). Serta sekarang sedang terpaksa memakai busi Jup-Mx yang berkode NGK CPR8EA-9

Berbekal ilmu dari blogger blogger yang jauh lebih senior maupun yang sangat paham motor… Saya mengetahui bahwa tidak sembarangan bisa ganti busi untuk V-Ixion… Harus yang mempunyai Resistan. (biasanya ada huruf R pada kode busi).Untuk motor yang banyak sensornya, harus pakai busi beresistor. Sebab saat terjadi loncatan api, busi yang tak menganut resistor tingkat radiasi atau gelombang elektromagnetiknya tinggi. Sehingga akan menggangu kinerja sensor-sensor yang ada. Begitu kata mas Aripitstop menjelaskan diartikelnya.

Per 6000 km, adalah waktu ideal ganti busi… Saat beli Vixion pertama ganti terpaksa beli yang punya MX (NGK CPR8EA-9) karena saat itu saya beli di bengkel pinggir jalan dan nanya : “ada busi vixion?” Eeeh malah disodorin punya MX (saat itu saya belum paham) hanya tau mesin MX dan Vixion identik, makanya saya tebus dan pasang sendiri… Impresi awal ndut ndutan memang terasa aneh !!!! Namun gejala hilang dan membuat saya terlena hingga jarak tempuh pakai busi MX sekitar 2000km-an. Tarikan rada berat gak nyaman… ,,, Adik saya nanya disalah satu dealer besar ada busi standart V-Ixion yang kode NGK CR8E. ? Jawabannya “lagi kosong mas” itu vixion cocok aja kok makai yang MX atau R15 katanya..

Weleeeh weleeeh ilmu sesat atau apa nih? Mekanik bengkel resmi loh yang bilang begitu? Ga jadi beli alhasil busi MX yang terpasang 2000km-an tersebut hanya dibersihkan… Kemana mencari lagi? Ke sebuah bengkel spareparts besar dikota Martapura Kalimantan Selatan.

Hasilnya? SAMA !!! Kosong Mas jawaban penjaga toko… Emangnya kode NGK CR8E itu untuk motor apa katanya bertanya balik… Saya jawab aja Vixion. Laaah dia malah nawarin busi MX masbro mbabro…

Jadi, dua buah bengkel besar penjual spareparts mengatakan stok kosong dan ditawarin busi MX kode NGK CPR8EA-9.
Begitu juga dengan mekanik bengkel resmi Yamaha… Mengatakan stok kosong dan malah nawarin busi MX.

Kalo kita cermati Jupiter MX jika pake NGK kodenya CPR8EA9 trus kalo pake Denso kodenya U24EPR. Bagaimana dengan Vixion ??? pake label NGK kodenya CR8E sedangkan Denso kodenya U24ESR-N. Tuh beda kan… Secara fisik busi buat Vixion & Jupiter MX sekilas mirip padahal ada perbedaannya (lihat gambar dibawah)

Perbedaan terlihat pada bagian ground elektroda & insulatornya. Busi buat Vixion pada bagian bawah sedangkan Jupiter MX bagian atas. Ground elektroda & insulator pada busi buat Vixion ukurannya lebih pendek
Begitulah kata dari blog : blognyamitra.wordpress.com

Saya harus bagaimana???

Salam dari Borneo

Iklan

2 responses to “Susah nyari Busi Standart V-Ixion NGK CR8E

  1. Kita sekota sob,,, dan ane juga ngalamin,, bedanya ane nyari busi xeon karbu yakni NGK CR7E

    Susahnya minta ampun, dan memang entah kenapa disini sellernya bodoh atau apa, soal busi suka asal-asalan,,, ane dengan lantang menyebut busi NGK CR7E eh disodorin NGK CPR6EA, itu beda sob,,, huruf P di kode busi artinya Projected Insulator.

    Kalo langka juga, mending ane beli busi Denso Iridium Power IU22 biar lama baru ganti busi, coz itu busi Non-Projected persis sama seperti NGK CR7E. Meski pun harus order online masih worthed daripada order online busi Nikel STD NGK CR7E, soalnya jadwal gantinya singkat, jadi harus order beberapa biji busi, jatohnya gk hemat, mending sekalian Iridium.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s