Sejarah Grand Prix Jerman

Assalamualaikum mas bro mba bro

Eni Motorrad Grand Prix Deutschland di sirkuit Sachsenring akhir pekan ini akan menjadi event Grand Prix ke-76 yang akan diselenggarakan di Jerman.

Berikut beberapa fakta menarik dari sejarah panjang balapan Grand Prix di Jerman seperti diwartakan situs resmi MotoGP, Kamis (10/7/2014):

– Balap motor Grand Prix pertama yang diadakan di Jerman adalah Grand Prix Jerman Barat yang diselenggarakan di sirkuit Solitude pada tahun 1952. Saat itu dilaporkan bahwa 400.000 penonton hadir untuk menonton balapan tersebut. Pembalap Nortons asal Irlandia Reg Armstrong memenangkan balapan kelas 350cc dan 500cc. Sementara Rudi Felgenheier memenangkan balapan kelas 250cc, dan Werner Haas memenangkan balapan kelas 125cc.

– Grand Prix pertama Jerman Timur diadakan di sirkuit jalanan Sachsenring pada tahun 1961, sirkuit asli yang digunakan untuk acara ini adalah sirkuit jalanan tertutup, dengan panjang 8.73km.

– GP Jerman Timur terus diadakan di Sachsenring setiap tahun sampai tahun 1972, setelah itu sirkuit jalanan tersebut dianggap terlalu berbahaya untuk Grand Prix balap.

– Grand Prix Jerman Barat terus diadakan setiap tahun dari tahun 1952 sampai tahun 1990, ketika Jerman Timur dan Jerman Barat bergabung menjadi satu. Empat sirkuit yang berbeda digunakan selama periode ini: Solitude, Schotten, Nurburgring dan Hockenheim.

– Grand Prix Jerman sudah diselenggarakan setiap tahun sejak bersatunya Timur dan Barat – 1991-1994 di sirkuit Hockenheim, disusul tiga tahun di Nurburgring dan sejak tahun 1998 di sirkuit baru Sachsenring.

– Selain yang disebutkan di atas, salah satu event Grand Prix lainnya yang sudah digelar di Jerman adalah GP Baden-Wurtemberg, yang diadakan pada tahun 1986 di sirkuit Hockenheim hanya untuk kelas 80cc dan 125cc.

– Sirkuit baru Sachsenring awalnya hanya memiliki panjang 3.508km, dengan satu bagian pendek dari trek dari sirkuit jalanan yang lama. Modifikasi besar ke sirkuit pada tahun 2001, dan kemudian sedikit perubahan tambahan pada tahun 2003, mengakibatkan arus layout trek sepanjang 3,671 km.

– Ini akan menjadi tahun ke-17 secara berturut-turut bahwa Event Grand Prix sudah diselenggarakan di sirkuit baru Sachsenring.

– Sejak Grand Prix balap kembali ke sirkuit Sachsenring pada tahun 1998, pembalap tuan rumah berhasil naik podium sebanyak enak kali: Ralf Waldmann finis ketiga di balapan kelas 250cc pada tahun 1999, Steve Jenkner finis ketiga di kelas 125cc pada tahun 2002, Stefan Bradl finish kedua di kelas 125cc pada tahun 2008, Sandro Cortese finish ketiga di balapan kelas 125cc pada tahun 2010, Bradl finis kedua dalam perlombaan Moto2 2011 dan Cortese memenangkan perlombaaan Moto3 pada tahun 2012.

– Sejak diperkenalkannya kelas MotoGP empat-stroke pada tahun 2002, Honda sudah menjadi pabrikan tersukses di Sachsenring dengan delapan kemenangan, diikuti oleh Yamaha dengan tiga kemenangan dan Ducati dengan satu kemenangan.

Sumber : MLI

Salam dari Borneo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s