Sakit Dada Sebelah Kanan? Mungkin ini Penjelasannya

Assalamualaikum mas bro mba bro

Kebetulan malam kemaren saya merasakan apa yang saya bahas kali ini.

Yupz, dada kanan sakit, tapi sepertinya dari dalam mas bro,

Pada umumnya nyeri dada sebelah kanan tidak berkaitan dengan jantung, karena daerah jantung ada di sebelah kiri (lain halnya jika ada orang yang diciptakan atau terlahir dengan posisi jantung di sebelah kanan, seperti di film-film itu loh, film Ninja Assasin misalnya hehehehe, maklum doyan nonton neh).

Lanjut, hal yang bisa berkaitan dengan nyeri dada dan tulang rusuk sebelah kanan atas kemungkinan besar hanya ada 3 hal. Yang pertama adalah karena posisi tidur miring ke kanan lebih lama sehingga beban tertumpuh pada bagian tubuh bagian kanan atau sebelah kanan. Akibatnya tulang rusuk mengalami sedikit peradangan yang dapat mengakibatkan nyeri di sekitar dada atas sebelah kanan.

Kemungkinan yang kedua adalah karena adanya angin yang bersarang di dalam dada, atau lebih dikenal dengan masuk angin. Terkadang hal ini sangat menyakitkan karena untuk menggerakkan tangan sebelah kanan sangat sulit karena sakit yang dialami, akibatnya mobilitas kita menjadi terhambat. Hal ini juga dapat diakibatkan paru-paru basah karena adanya air yang mengendap di dalam paru-paru.

Kemungkinan fatalnya, hal ini berkaitan dengan penyakit paru-paru, bisa paru-paru basah atau kanker paru-paru.

1. Nyeri dada dan tulang rusuk karena posisi tidur

Nah, untuk masalah karena tidur dengan posisi miring sebelah kanan lebih lama (biasanya kita rasakan sehabis bangun), dapat dicegah dengan memakai sarung atau selimut sebelum tidur. Mengapa? karena dengan memakai selimut, kita akan mudah atau leluasa mengganti posisi walau dalam keadaan tidur nyenyak, sedangkan orang yang tidak memakai sarung atau selimut pada saat tidur, ketika udara sudah semakin dingin, biasanya orang akan bertahan pada satu posisi untuk menghindari cuaca dingin, akibatnya orang biasanya tidur dalam posisi pistol dan bertahan hingga saatnya bangun, dan biasanya orang akan berpaling pada sebelah kanan. Hal inilah yang dapat mengakibatkan nyeri pada bagian dada atas sebelah kanan.  Sedangkan untuk mengatasinya, anda bisa meregangkan tubuh sehabis bangun misalnya mengakngkat kedua tangan pelan-pelan ke atas, kiri dan kanan. Lakukan dalam bberapa repetisi sehingga dirasakan enak untuk mulai beraktifitas.

2. Nyeri dada dan Tulang Rusuk karena masuk angin

Nyeri yang satu inilah yang paling seirng saya rasakan karena mobilitas saya yang padat dengan kendaraan bermotor. Untuk mencegahnya sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan pengaman udara atau jaket yang tebal pada saat berkendara. Sedangkan untuk mengatasinya, anda cukup melakukan kerokan uang logam dengan bantuan minyak angin dari arah sikut hingga pinggir ketiak dengan posisi tangan terangkat ke atas. Dapat dibantu dengan kerokan pada bagian dada sekitar tulang rusuk yang dirasakan sakit atau berikan pijatan pada bagian yang dirasakan sakit dengan minyak angin. Juga bisa dibantu dengan obat herbal lainnya. Walaupun sebenarnya kerokan tidak begitu disarankan

3. Nyeri Dada karena Penyakit Serius

Untuk mengetahui apakah sakit yang kita rasakan akibat penyakit serius semisal paru-paru basah atau kanker, sulit untuk mendeteksinya. langkah yang harus anda ambil jika takut atau ragu-ragu dengan rasa nyeri yang anda alami, silahkan langsung menuju ke dokter penyakit dalam, khususnya penyakit paru-paru agar segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Salam dari Borneo

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s