Rantai Kendor Bisa Kencang Sendiri, ternyata ini sebabnya !

Assalamualaikum mba bro mas bro

Kali ini saya mau berbagi pengalaman unik dan mungkin jarang ditemui orang lain, Rantai motor kendur, semaleman kemudian kencang dengan sendirinya. Bagaimana bisa? Begini ceritanya….

Ini terjadi pada V-Ixion putih saya, pemakaian sudah dibulan 17, gear set bawaan beli sudah diganti sejak bulan ke 12, saat itu jarak tempuh motor sudah 14 ribuan dan gear lancip rantai pun udah dipotong sekali (darurat mas bro). Diganti dengan gearset Yamaha Genuine Parts V-Ixion 3C1, dengan harga kalo ga salah dan tak lupa sekitar Rp.245.000. + upah pasang Rp.20.000. Kemahalan gak tuh? Setelah diganti, pemakaian wajar-wajar saja.

Hingga akhirnya Keanehan muncul saat bulan ke 16 di kilometer 20.000an

Pemakaian gearset kedua nampaknya tidak selama bawaan gearset yang baru beli, kenapa? Soalnya di bulan ke 16 pemakaian sudah mengalami gejala cepat kendur, weeelll ada yang salahkah? Padahal kilometer menunjukkan 20.000 sekian sekian. Lebih pendek masanya dibanding yang bawaan beli.

Di inspeksi dan di pandang serta di belai, tuh rantai nampak masih bagus, gear pun masih tumpul. Garuk-garuk kepala pun semakin menjadi, ketika suatu saat saya bepergian jauh. Saya adalah tipe orang yang selalu melakukan briefing dengan motor kesayangan, maksudnya melakukan pemeriksaan sebelum berangkat mas bro.

Cek rantai kekencangan sedang, tidak kendur tidak kencang banget, melaju lah saya dengan kecepatan rata-rata 80kpj, kadang stop n go, kurang lebih 100km perjalanan saya pergi dan pulang, sampai rumah motor standart tengah. Dan……. Rantai kendur banget pake banget. Ga biasanya mas bro. Pantes dijalan seperti ada bunyi, ternyata rantai nyentuh swing arm. Aaah… Capek besok aja lah ngencengin sendiri, toh besok gak ada kegiatan.

Besok paginya, membawa senjata tempur lengkap, puter puter roda dulu deh, masih bisa di puter mas bro, langsung ambil posisi dan di puter lagi,.dan ternyata weeeh tu rantai kenceng, saking keuencengnya, saat dicoba puter lagi gak bisa, astaga apa bautnya longgar? Tidak mas bro kenceng banget, dan nomer setelan kiri kanan seimbang alias sama. Kenapa bisa mengencang sendiri?

Bingung setengah mati langsung saya turunin standart tengah, di dorong berat masbro, karena rantai super kencang, bahkan bunyi tok tok tek tiap motor didorong maju maupun mundur.

Ya udah maksud hati mau ngencengin, malah ngendurin satu step setelannya deh, dan motor normal lagi dan rantai diberi chainlube agar lancar. Kencengin baut rodanya dan siap diajak jalan jalan.

Waktu jalan-jalan menempuh Β±20km, gejala rantai kendur terjadi lagi, kenapa dan kenapa? Pikir saya dalam hati, sampai rumah segera kencengin naik satu step, dimana ukuran tersebut pada hari kemarin super kenceng, tapi sekarang pada angka setelan tersebut tidak kenceng, sebut saja kencengnya standart. Ya sudah parkir lagi dirumah, standar tengah dan malamlah hari.

Besok pagi, hendak beraktifitas bersama si putih, apa yang terjadi baru turun dari rumah, rantai bunyi kenceng banget kletok kletok, ternyata rantai kembali jadi kenceng banget. Kenapa gerangan 😦

Di kencengin , ditinggal semaleman, jadi kenceng banget, dikendurin malah jadi kekenduran. Puncaknya, saya “nekat” singgah ke beres dealer, satu mekanik garuk garuk kepala mendengar penjelasan saya. Karena penampakan rantai semua normal… Datanglah mekanik satu lagi dan memutar mutar rantai, ternyata , rantai yang tadi tampak normal, menjadi seperti ini mas bro mba bro :

Astaga, keriting mas bro, masuklah mekanik mengambil sejenis martil dengan ujung seperti plastik, di getoklah rantai keriting tersebut, dan beberapa bagian ada yang kembali ke bentuk semula dan beberapa bagian kaku dengan keriting seperti itu, keras dan gak bisa di benerin, senyum sang mekanik bilang, “ganti rantai aja mas”

Ternyata…. Minta ganti rantai toh, namun berhubung gear masih bagus, saya mau beli rantai part aftermarket aja deh, pulanglah saya pamitan sama mekaniknya . Maklum udah jadi langganan, jadi serasa dekat karena udah kenal.

Besok harinya ganti rantai deh, lancar jaya mas bro mba bro….
Yang saya herankan kenapa rantai bisa keriting dan keras kaku gak bisa balik keposisi semula seharusnya? Padahal saya memakai chainlube berMerk terkenal (ada iklannya kok di Tv) , kalo nyuci pun saya bersihin rantai selalu dengan cara yang benar.

Yups, pengalaman aneh tersebut sudah dilalui…

Penampakan sekarang :

Salam dari Borneo

Aye ga keriting kok om, cuma dibagian tertentu ajah….

Iklan

13 responses to “Rantai Kendor Bisa Kencang Sendiri, ternyata ini sebabnya !

  1. trims critanya…. bermafaat nih…. cara critanya juga seru hehe

  2. mantap
    jadi makin keren
    merk apa tu masbro rantainya + berapa duit?

  3. But wanna comment that you have a very decent website , I like the design and style it really stands out.

  4. Wah mungkin ini jg yg terjadi di tunggangan ane. rasanya kok ada bunyian tik tik gtu… secara keseluruhan sih rantai ane ada yg kriting kayak penjelasan ente.

    salam tetot dari Kaltim.

  5. aduh gan ane kendor nih rante diapain ya 😦 pke tensioner motor kah 😦
    http://inovapos.com | Program Kasir Minimarket | http://rajamap.com map raport | map izajah | map sertifikat |

  6. Gan, itu pake rante ukuran brapa ? Merk apa ? *bisikin donk, hehe πŸ˜€

  7. Bro, penyebab rantai keriting kenapa ya..? Gue baru ganti tuh rantai baru 3 bulan pemakaian udah keriting ..

  8. Mantap ceritanya bro. Sama persis kaya kasus ane

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s