Yamaha F1ZR Motor Pertamaku yang malang

Assalamualaikum

Selamat Malam Mas bro Mbak bro, berawal dari kecintaan pada dunia roda 2, hingga kini saya sangat antusias terhadap perkembangan roda 2 khususnya di Indonesia.

Cukup banyak motor yang sudah saya cicipin hingga kini, baik milik pribadi, keluarga ataupun teman, berbagi pengalaman aja nih saya mempunyai motor pertama adalah motor F1ZR full clutch warna orange tahun 2003.

Saat itu saya kelas 2 SMP loh, masih labil namun ga berani untuk ngebut seperti anak labil zaman sekarang, padahal saat itu jalan masih lengang, motor masih merupakan barang mewah saat itu, beli harus cash, tidak ada perkreditan resmi motor. Gonta ganti motor hingga puluhan kali udah pernah saya rasakan. Alhamdulillah dan bukan pamer bro, karena emang saat itu nafsu ingin selalu update dengan motor keluaran terbaru selalu menghantui bahkan dalam sebulan pernah ganti motor hingga 2x. Jadi motor belum turun plat nomer ,udah dijual lagi.

Menurut saya motor ini sangat powerfull di zamannya. Bahkan anak muda belum gaul kalo belum punya F1ZR dan yang masih saya ingat itu adalah ciri khas lampu sein yang bunyi apabila di hidupkan. Tiiit. Tiiit. Tiiit. Terhindar dari terlupa mematikan sein mas bro, sedangkan konsumsi bahan bakar, menurut saya saat itu tidak membebankan, namun untuk oli samping, menurut saya sangat cepat untuk minta isi ulang. Hehehe

Jujur aja, andai ada orang yang mau tukeran motor sehari, saya rela deh tukeran sehari hanya untuk mengenang nunggang motor 2 tak 110cc keluaran pabrikan Yamaha ini.

Sayang motor ini setelah beberapa bulan dimiliki, mengalami tabrakan dengan mobil tangki pertamina saat itu dipinjem sepupu saya, hancur remuk hingga bagian tengah motor, namun alhamdulillah sepupu dan mesin motor tidak kenapa-kenapa, perbaikan pun saat itu berbulan-bulan dan saat diperbaiki itulah saya dibelikan motor lain lagi yang nanti juga akan saya bahas di next artikel. Yang sangat menyedihkan saat itu adalah paginya saya bersihin tuh motor sampai kolong-kolong spakbor, di lap hingga kinclong, namun siangnya di pinjem sepupu dan remuk mas bro mbak bro. Sedih tak terkira pokoknya deh.

Berikut Spesifikasi motor bebek 110cc tersebut :

Mesin : 2 tak, 1 silinder, 110,4cc

BorexStroke : 52x52mm

Power Maksimal : 10,7ps@7500rpm

Torsi Maksimal : 1,10 KGF.M@6500 rpm

Kompresi : 7.1:1

Persneling : kopling, Multi Plate

Konfigurasi Gear Transmisi : 4 speed, n-1-2-3-4 kayak bebek biasa

Karburator : Mikuni VM20

Pilot Jet :17,5

Main Jet : 130

Kapasitas Oli : 1,2lt

Berat Kosong : 95kg

Rem : Depan Cakram belakang Tromol

Sayang motor bebek tersukses yamaha ini perlu disuntik mati karena peralihan dari era 2 tak menjadi 4 tak

Mas bro dan Mbak bro, ada yang pernah nyoba topspeed dari F1ZR?? Penasaran saya nih…. Motor eksotik mah bagi saya. Apa ada yang punya??

Salam dari Borneo

Pic : Nyomot google karena zaman itu saya belum punya kamera apa-apa 🙂

Bonus :

Aye Eksotic juga kan bang

Tinggalkan Balasan

